22
Dec

Fungsi Stang Seher Motor dan Cara Kerjanya

Fungsi Stang Seher Motor dan Cara Kerjanya – Stang seher atau disebut stang piston ialah salah satu komponen motor yang memiliki peran benar-benar penting.

Fungsi stang seher utamanya ialah untuk menaikkan dan menurunkan silinder. Selain itu, performa dari komponen ini telah diperhitungkan secara otomatis dan pas.

Apabila Anda memakainya secara sembarangan, karenanya bisa berpengaruh buruk pada performa mesin. Apabila Anda penasaran mengenai pengertian seher motor, fungsi seher motor, komponen, dan metode kerjanya, simak dalam review yang telah di ulas oleh daihatsujakbar di bawah ini.

Fungsi Stang Seher Motor dan Cara Kerjanya

Apa Itu Stang Seher

Stang seher acap kali diketahui dengan nama stang piston atau batang torak. Komponen ini berada di dalam mesin motor. Fungsi utama dari komponen ini ialah untuk menghubungkan poros engkol (kruk as) dengan kepala silinder.

Dengan seperti itu silinder bisa naik dan turun dengan mudah. Selain bergerak naik dan turun, batang piston juga bisa bergerak berputar pada kruk as sehingga menjadikan tenaga. Tenaga tersebut yang akan diaplikasikan untuk mengasah pergerakan mesin motor.

Fungsi Stang Seher

Salah satu komponen motor ini berperan dalam meningkatkan performa motor, di mana tenaga lurus yang ada di dalam mesin diubah menjadi tenaga putar. Stang pison ini juga berperan sebagai seal yang bisa menahan kompresi di dalam ruang pembakaran

Masih banyak fungsi-fungsi lain dari stang seher ini. Simak daftar fungsinya di bawah ini agar Anda bisa mengenali bagaimana penting komponen ini untuk menyokong kelancaran performa mesin. Apa saja fungsi utamanya? Berikut penjelasannya.

Mengubah Gerak Lurus Menjadi Gerak Putar

Menghubungkan yang telah ditunjukkan, tenaga putar akan dibuat dari mekanisme kerja stang seher tersebut. Perubahan tenaga tersebut terjadi pada kruk as ketika pembakaran sedang terjadi. Gerak putar pada kruk as akan terhubung ke crack pin dan diterima oleh piston, lalu diteruskan ke batang piston

Piston Dengan Kruk As

Terjadinya perpindahan tenaga di dalam kruk as secara tidak seketika menghubungkan kruk as dengan komponen piston yang disebabkan oleh performa stang piston.

Terhubungnya kedua komponen mesin motor ini akan mampu menahan kompresi dan menyimpan oli dengan bagus sebagai pelumas mesin.